Rabu, 24 April 2013

Download source code visual basic program Perpustakaan

Download source code visual basic program Perpustakaan

Wah.... sudah lama sekali semenjak posting saya yang terakhir yah?, belakangan ini banyak kesibukan yang tidak bisa dihindari, cobaan dan ujian sebagai tanda kita manusia yang hidup yang lepas dari masalah dan tidak lupa juga gangguan mendadak dari Dungeon Siege II, dan Stronghold, serta GTA IV yang tidak jalan, serta erornya svchost karena kido aka conflicter walah...walah.... By theway anyway busway, salah satu request source code yang paling banyak adalah tentang perpustakaan.

Berikut ini adalah source code program perpustakaan. Sebagaimana layaknya program perpustakaan, maka program yang dibuat menyediakan fitur untuk menambah anggota, menambah buku, peminjaman dan pengembalian buku serta penghitungan denda. Kenapa perpustakaan menjadi kasus yang menarik?, biasanya yang menjadi masalah dalam otomasi pustaka adalah penghitungan tanggal kembali buku, karena prosesnya agak berbeda dengan proses aritmatik biasa, yang dilakukan disini adalah pengurangan tanggal. Untuk bisa menentukan apakah anggota yang meminjam dikenai denda atau tidak.

Yang menjadi masalah satu lagi adalah mengenai eksemplar buku, buku yang memiliki judul yang sama namun memiliki jumlah eksemplar yang lebih dari satu. Bagaimana cara kita menghitung jumlah bukunya?, apakah satu buku berarti satu kode, dengan banyak judul. atau satu kode adalah satu judul buku dengan banyak eksemplar?, kedua pilihan tersebut tendu saja memiliki keuntungan dan kekurangan masing masing.

Untuk satu buku dengan satu kode, berarti jumlah kode buku kita adalah sebanyak eksemplar buku diperpustakaan, bukan sebanyak judul buku, kalau kode mewakili buku dengan eksemplar yang sama, sudah pasti kita tidak bisa melacak buku mana sebenarnya yang sedang dipinjam, dan permasalahan lainnya. Langsung saja, bagi yang ingin mempelajarinya silahkan download source codenya di Download source code Pustaka, selamat belajar...!!!

1 komentar: