Rabu, 24 April 2013

Tombol input mikrokontroller ditampilkan pada form aplikasi yang dibangun dengan Delphi 7

Website penulis : http://www.embeddedsystem.itstoshare.com
Pada bagian ini , akan dibahas mengenai tombol pushbutton (push on) pada pin mikrokontroler yang di fungsikan sebagai inputan bagi aplikasi pada yang dibangun dengan Delphi 7. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa jika tombol 1 di tekan, maka pada form Delphi akan di tampilkan keterangan pada label bahwa tombol 1 ditekan , begitupun saat tombol 2 di tekan maka akan ditampilkan pada label bahwa tombol 2 ditekan.
Dalam pembahasan kali ini akan di bahas 2 tombol inputan saja sebagai contoh supaya nantinya pembaca dapat mengembangkan nya menjadi lebih kompleks lagi, semisal untuk jumlah tombol yang jumlahnya lebih banyak lagi.
Pada contoh aplikasi ini , sekali lagi mikrokontroller akan dibungkan ke komputer / laptop melalui port serial atau port usb (menggunakan kabel usb to serial converter). Sedangkan tombol push button input dipasang pada PinD3 dan PinD4 mikrokontroller , konfigurasinya sebagai pin input yang bersifat “low aktif” dimana ketika tombol push button di tekan, maka secara otomatis akan menyebabkan pin mikrokontroller terhubung ke jalur ground rangkaian sehingga berlogika low, nah ketiki logika low inilah “kode” bahwa tombol di tekan dikirim ke PC / laptop. Dalam contoh kasus ini, aturan yang dibuat adalah : ketika tombol 1 ditekan maka mikrokontroller akan mengirim karakter angka “1” ke komputer / laptop melalui komunikasi serial , nah di saat yang lain yaitu saat tombol 2 ditekan  maka mikrokontroller akan mengirim karakter angka “2” ke komputer / laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar